5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Nge-Gym di Rumah

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Akibat Anda tinggal di area yang padat penduduk, kompleks rumah pun tak memiliki taman atau area terbuka hijau. Untuk mencapai area taman tersebut, Anda harus naik kendaraan dahulu, sehingga sering timbul rasa malas.

Menjadi member di pusat kebugaran malah membuat bujet bulanan Anda semakin membengkak. Akhirnya Anda pun memutusken membeli alat fitnes untuk digunakan di rumah. Namun, sebelum Anda membelinya, pastikan menyimak tips berikut ini

  • Cek kondisi rumah

    Alat fitnes terutama treadmill tidak kecil, sehingga membutuhkan ruangan yang lapang. Lagipula jika areanya terlalu sempit dan tertutup, Anda menjadi tak nyaman saat berolahraga.

    Pastikan Anda memang memiliki ruangan yang terbuka di rumah, sehingga Anda bisa meletakkan alat fitnes di ruangan itu. Misalnya, teras belakang rumah yang cukup luas, atau balkon rumah. Jika nantinya treadmill malah memenuhi ruangan, Anda hanya bisa menyimpannya dan malah tidak terpakai.

  •  Mudah digunakan

    Ketika memutuskan membeli alat fitnes, pilih alat yang memang mudah digunakan. Jangan tergiur hanya karena alat tersebut canggih tapi Anda butuh waktu lama untuk menggunakannya.

    Tak masalah jika alat fitnes tersebut digunakan secara manual dan tak menggunakan listrik—sehingga lebih hemat biaya—yang penting fungsinya maksimal dan Anda bisa memakainnya dengan mudah.

  •  Sesuaikan dengan hobi

    Jangan hanya karena alasan agar bergerak, Anda membeli alat fitnes sesukanya. Sesuaikan dengan jenis olahraga yang Anda sukai, yang mudah dilakukan, dan Anda tak terbebani saat menjalankannya. Misal, jika Anda menyukai joging, treadmill bisa dipilih.

    Tapi jika Anda menyukai yoga atau pilates, Anda cukup membeli gym ball. Sedangkan bila Anda tujuannya ingin mengencangkan perut, Anda bisa memilih jenis alat yang banyak mengeksplorasi area perut.

  •  Banyak bertanya

    Tergiur iklan bukan alasan untuk membeli alat fitnes baru. Lakukan konsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman—misalnya instruktur di gym, dokter olahraga, atau ahli kebugaran—untuk mengetahui kualitas, merek, kelebihan alat, serta fungsinya.

  •  Buat jadwal

    Percaya, deh, jika sudah berada di rumah, biasanya Anda akan malas bergerak atau berolahraga. Untuk mengurangi rasa malas dan olahraga dapat dilakukan rutin, buat jadwal olahraga yang berbeda dengan jadwal membersihkan rumah.

    Di awal latihan tak perlu membuat durasi yang panjang, cukup lakukan olahraga 30 menit setiap minggu. Di minggu ke dua tambah durasinya.

    Selain itu, kamu juga harus memperhatikan sebelum memulai Gym apalagi untuk kamu yang baru pertama kali nge-gym

Simak beberapa tips berikut:

Ini lho hal yang harus banget kamu perhatikan saat gym pertama kali. Sebaiknya kamu mengikuti semua aturan dengan baik dan runtun biar olahragamu bisa memiliki manfaat semaksimal mungkin. Jangan cuek, ya.

1. Jangan sampai perut kosong

7 Hal yang Harus Banget Diperhatikan Sebelum Nge-Gym Pertama Kali

Sebelum berolah raga, pastikan perutmu sudah terisi. Jangan makan sampai kenyang. Yang penting ada isinya. Sarapan sehat akan membantu tubuhmu memiliki tenaga yang cukup untuk berolah raga.

 

2. Latihan otot sangat diperlukan

7 Hal yang Harus Banget Diperhatikan Sebelum Nge-Gym Pertama Kali

Peregangan atau pemanasan sangatlah dibutuhkan. Apalagi buat kamu yang masih pertama, jangan sampai semua badanmu sakit karena kamu tidak cukup pemanasan. Ototmu akan kejang kalau kamu melewatkan bagian ini begitu saja.

 

3. Berolahragalah sesuai porsi badanmu

7 Hal yang Harus Banget Diperhatikan Sebelum Nge-Gym Pertama Kali

Jangan berolahraga terlalu berlebihan. Lihat dulu porsi yang cocok untukmu dan otot mana yang ingin kamu bentuk. Dengan mengetahuinya sejak awal, kamu bisa menggunakan alat fitnes sebaik mungkin karena kamu tahu mana yang harus dilakukan dan dengan alat apa.

 

4. Jangan hanya stuck di satu tempat

7 Hal yang Harus Banget Diperhatikan Sebelum Nge-Gym Pertama Kali

Karena tempat firnes memiliki banyak alat untuk membantumu olahraga dan mendapat hasil terbaik, maka jangan stuck di satu tempat saja. Cobalah banyak alat, supaya kamu tidak bosan dan merasa tidak mau datang lagi.

 

5. Tahu kapan harus beristirahat

7 Hal yang Harus Banget Diperhatikan Sebelum Nge-Gym Pertama Kali

Jangan forsir tubuhmu karena terlalu beristirahat. Tentukan waktu yang tepat untuk berolah raga dan juga beristirahat. Kamu butuh mengistirahatkan seluruh ototmu yang mungkin tegang karena kamu baru mulai gym pertama kali.

 

6. Tahu bagaimana menggunakan alat dengan benar

7 Hal yang Harus Banget Diperhatikan Sebelum Nge-Gym Pertama Kali

Kalau kamu baru pertama, tidak ada salahnya bertanya pada instruktur atau teman baru yang kamu temui di gym. Semakin banyak kamu belajar, semakin nyaman kamu menggunakan alat-alat fitnes yang ada. Jangan sampai kamu tidak menggunakan alat dengan maksimal hanya karena kamu tidak tahu cara menggunakannya.

Ketika kamu mengabaikan hal-hal yang kamu anggap sepele, kamu akan tahu bahwa dampak yang kamu dapatkan ternyata tidak sesepele itu. Pastikan agar kamu tidak melakukan kesalahan dengan mengabaikan semua hal di atas. Gym yang maksimal pasti didasari dengan persiapan yang baik juga.

Refrensi/Sumber:http://<a href=’https://www.freepik.com/photos/ribbon’>Ribbon photo created by nensuria – www.freepik.com</a>

 

 

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini