logo toko alat fitness

5 Manfaat Dahsyat Sepeda Statis bagi Kesehatan, Gunakan Secara Rutin!

Manfaat dari bersepeda statis juga tidak perlu kamu ragukan lagi, karena aktivitas fisik ini memiliki beberapa keunggulan, misalnya dibandingkan dengan sejumlah kardio lainnya, sepeda statis terbukti tidak terlalu memberikan tekanan pada persendian, tetapi tetap memberikan manfaat aerobik yang sangat baik.Sepeda statis juga merupakan cara yang efisien dan efektif untuk membakar kalori dan lemak tubuh serta memperkuat jantung, paru-paru, dan otot. Selain itu, masih ada banyak keunggulan dari bersepeda statis. Dirangkum dari healthline, inilah manfaat rutin berolahraga dengan sepeda statis.

1. Membakar lemak tubuh

5 Manfaat Dahsyat Sepeda Statis bagi Kesehatan, Gunakan Secara Rutin!bugetul.ro

Pada sebuah studi yang dilakukan pada 2010 dengan judul Effect of Diet and Indoor Cycling on Body Composition and Serum Lipid, menunjukkan bahwa bersepeda dalam ruangan yang dikombinasikan dengan diet rendah kalori efektif dalam mengurangi berat badan dan lemak tubuh pada peserta studi. Cara ini juga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

2. Cocok untuk orang dengan masalah sendi

5 Manfaat Dahsyat Sepeda Statis bagi Kesehatan, Gunakan Secara Rutin!health.harvard.edu

Olahraga menggunakan sepeda statis termasuk latihan berdampak rendah yang menggunakan gerakan halus untuk memperkuat tulang dan persendian tanpa memberikan banyak tekanan pada tulang dan sendi. Fakta ini menjadikannya sepeda statis sebagai pilihan latihan yang bagus untuk orang dengan masalah sendi.

Latihan aerobik berdampak tinggi seperti berlari, jogging, melompat menyebabkan pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan persendian mengalami banyak tekanan. Sehingga sepeda statis, dinilai lebih baik untuk persendian, tetapi tetap memberikan manfaat yang optimal.

3. Memperkuat otot tubuh bagian bawah

5 Manfaat Dahsyat Sepeda Statis bagi Kesehatan, Gunakan Secara Rutin!berkeleywellness.com

Mengendarai sepeda statis dapat membantu membangun kekuatan kaki dan tubuh bagian bawah, terutama kalau kamu menggunakan resistensi yang lebih tinggi. Gerakan mengayuh saat bersepeda dapat memperkuat betis, paha belakang, dan paha depan, serta melatih otot-otot punggung dan perut.

Kalau kamu mengayuh sepeda sambil berpegangan, kamu juga dapat sekaligus melatih otot-otot tubuh bagian atas, termasuk bisep, trisep, dan bahu.

4. Lebih aman dibandingkan olahraga di luar ruangan

5 Manfaat Dahsyat Sepeda Statis bagi Kesehatan, Gunakan Secara Rutin!blog.mapmyrun.com

Bersepeda di luar ruangan memang menjadi salah satu bentuk olahraga yang bagus, tetapi ada kekurangan kalau kamu memilih bersepeda di luar ruangan, seperti permukaan jalan yang tidak rata ataupun licin, ban bocor, tiba-tiba hujan, macet, polusi udara, udara yang panas atau dingin, dan masih banyak lagi.

Dengan bersepeda di dalam ruangan, kamu tidak perlu khawatir mengenai itu semua. Kamu dapat berolahraga dengan aman kapan saja tanpa terpengaruh kondisi di luar rumah.

5. Menurunkan berat badan

5 Manfaat Dahsyat Sepeda Statis bagi Kesehatan, Gunakan Secara Rutin!uscombatsports.com

Sepeda statis bisa jadi olahraga yang pas untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Dengan melakukan olahraga ini, kamu bisa membakar lebih dari 600 kalori per jam yang tentunya tergantung pada intensitas latihan yang kamu terapkan serta berat badan.

Kunci utama agar program penurunan berat badan kamu berhasil adalah pastikan kalori yang kamu bakar lebih banyak daripada yang konsumsi.

Gimana? Hebat bukan manfaat sepeda statis? Selain olahraga secara teratur, pastikan juga kamu menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang agar tetap sehat.

 

Artikel Terbaru
Produk Terbaru