8 Manfaat Alat Fitnees Outoor

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Menikmati udara segar, membuat tubuh lebih bugar, apalagi yang bisa diperoleh dari olahraga? Aktivitas fisik ini memang riskan sekali untuk ditinggalkan. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Baik untuk anak kecil, orang dewasa sampai lansia pun masih memerlukan olahraga untuk menunjang kesehatan.Apa sih manfaat olahraga ini sendiri bagi tubuh?

1.Menjauhkan dari beragam penyakit
Manfaat pertama dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat serta tak mudah terserang penyakit.

2.Membuat tubuh lebih tegap
Gerakan yang dilakukan saat olahraga merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya. Menurut Kathleen, anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

3.Merangsang pertumbuhan ideal
Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, kalori yang ada di dalamnya akan terbakar lebih sempurna. Kathleen menjelaskan kalori ini akan diproses menjadi energi secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa dan berpotensi menimbulkan tumpukan lemak tubuh. Tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.

4.Meningkatkan daya pikir
Selain bermanfaat bagi fisik tubuh, Kathleen kembali menjelaskan jika olahraga teratur juga memiliki peran yang baik untuk meningkatkan daya pikir anak. Buah dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya. Otak berkembang secara berkala dan membuat si kecil lebih pintar saat proses belajar tiba.

5.Meningkatkan nafsu makan
Kebaikan ini mungkin yang amat dibutuhkan oleh si kecil. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga merangsang organ pencernaan juga aktif bergerak. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi bagi tubuh. Makanan yang masuk ke dalam perut akan terproses secara keseluruhan dan membuat si kecil akhirnya mengalami lapar. Dia pun akan makan lebih lahap beragam hidangan sehat yang sudah Anda sajikan. Demikian penjelasan terakhir Kathleen Zelman yang juga ahli gizi ini.Sudah mengertikan manfaat penting olahraga bagi kesehatan, yuk langsung ajak si kecil olahraga bersama-sama dan menikmati udara segar ditaman kota contohnya yang menyediakan alat fitnes outdoor yang dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma.

6. Kuat Berolahraga Lebih Lama

Ketika Anda berlari atau olahraga di luar ruangan, Anda bisa lebih kuat berolahraga dibanding berolahraga dalam ruangan. Apalagi karena Anda dapat merasakan hembusan angin yang segar.

7. Membakar Lebih Banyak Kalori

Penelitian menunjukkan bahwa para olahragawan membakar 10 persen lebih banyak kalori ketika mereka berjalan atau berlari di luar ruangan daripada mereka yang melakukan treadmill dalam ruangan dengan kecepatan yang sama.

“Ketika Anda terjebak dalam ruangan, Anda jadi lebih fokus dengan rasa lelah Anda” kata John Porcari, seorang ahli fisiologi olahraga di University Wisconsin-La Crosse.

8. Memperoleh Vitamin D

Sebagian besar waktu kita mungkin dihabiskan di dalam ruangan. Dengan menyediakan waktu untuk berolahraga di luar ruangan, akan membantu Anda memperoleh vitamin D dari matahari.

Ketika terkena sinar dari matahari, tubuh kita secara alami mengubah kolesterol di kulit kita menjadi vitamin D3. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti osteoporosis, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Memperoleh cukup vitamin D dalam tubuh akan membantu pembentukan dan penguatan tulang, mengurangi risiko osteporosis dan osteomalacia. Mendapatkan cukup vitamin D per hari juga dapat mengurangi risiko penyakit lain, termasuk multiple sclerosis, diabetes tipe 1, sindrom metabolik dan penyakit jantung.

Selain itu, mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup setiap hari dapat membantu mengurangi sistem kekebalan yang terlalu aktif untuk orang-orang dengan kondisi autoimun seperti lupus dan psoriasis.

Referensi :

5 manfaat fitnes outdoor

https://unsplash.com/

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini