Berbagai Jenis Dumbell Yang Perlu Diketahui

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Kesehatan adalah sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Meskipun Anda memiliki kesibukan yang padat, ada baiknya Anda tetap menyediakan waktu untuk berolah raga. Baik dengan pergi ke gym ataupun dengan memiliki peralatan olah raga di rumah. Salah satu peralatan olah raga yang mudah untuk dimiliki adalah dumbbell. Namun, ada berbagai jenis dumbbell yang bisa Anda temukan di gym ataupun toko olah raga. Karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja jenis dumbel yang ada agar Anda bisa memilih dumbbell yang tepat untuk latihan Anda.

1. Dumbbell Tipe Permanent

Dumbell tipe ini memiliki berat yang tetap sehingga Anda tidak bisa mengubah bebannya. Bagian beban dan batang pada dumbbell ini dibuat dalam bentuk menyatu. Para pemula biasanya memulai latihan dengan menggunakan dumbbell semacam ini.

Keunggulan dumbbell permanen ada pada penggunaannya yang mudah dan Anda jadi bisa berlatih dengan lebih cepat dan lancar karena tidak perlu mengganti beban setiap kali akan berlatih. Akan tetapi, saat kebutuhan beban Anda meningkat, Anda harus membeli dumbbell baru lagi.

2. Dumbell Model Poros Sekrup

Dumbell model poros sekrup ini memiliki model batang dumbbell dan beban yang terpisah. Sehingga, Anda perlu memasang atau mengganti beban pada dumbbell sebelum melakukan latihan. Akan tetapi, dumbbell model ini cenderung lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dumbell model poros sekrup memiliki model ulir sekrup pada batang dumbbell dan menggunakan pelat pengunci sebagai mur untuk mengunci lempengan beban. Jika Anda ingin menggunakan dumbbell tipe ini, Anda akan memerlukan waktu yang sedikit lebih lama untuk membuka pelat pengunci dan mengganti lempengan beban.

Akan tetapi, dumbbell model poros sekrup cenderung lebih aman digunakan dan memiliki karakter stabilitas yang lebih tinggi.

3. Dumbell Model Poros Normal

Model dumbbell poros lainnya adalah dumbbell dengan model poros normal. Dumbell tipe ini merupakan jenis dumbbell yang paling umum ditemukan di gym. Tipe poros normal ini memungkinkan Anda menggunakan dumbbell dengan beban sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, dumbbell poros normal cenderung membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mengganti beban dibandingkan dengan dumbbell poros sekrup. Dan untuk menahan lempeng beban yang digunakan, dumbbell poros normal ini menggunakan system collar.

Ada tiga jenis tipe collar yang umum ditemukan dalam dumbbell model poros normal. Yaitu normal collar, spring collar, dan quick release collar. Normal collar adalah jenis collar yang paling mudah terlepas dari penguncian. Dan quick release collar memiliki mekanisme penguncian yang cenderung lebih kuat dan lebih cepat.

Itulah berbagai jenis dumbbell yang bisa Anda gunakan untuk melatih tubuh. Selain perbedaan jenis dumbbell, dumbbell juga bisa dibedakan berdasarkan bahan pembuat bebannya. Dumbell bahan besi adalah jenis bahan dumbbell yang paling umum ditemukan. Selain itu, ada juga dumbbell bahan logam yang dilapisi karet, dumbbell bahan kromium, dan dumbbell berat lempeng.

Reverensi :

https://www.tokoperlengkapanolahraga.com/berbagai-jenis-dumbbell-yang-perlu-diketahui-oleh-pemula/

https://www.freepik.com/search?dates=any&format=search&page=1&query=dumbbell&sort=popular

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini