KEBIASAAN SEHAT UNTUK MENJAGA KESEHATAN OTAK

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Pikun juga disebut sebagai demensia yang merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada sekitar 50 juta penduduk dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarakan bahwa ada sekitar 10 juta kasus demensia setiap tahunnya dan juga jumlah ini diperkirakan akan bertambah hingga 3X lipat ditahun 2050.

Demensia atau pikun juga menjadi salah satu masalah serius yang dapat membuat seseorang akan bergantung pada orang lain, dan dapat memicu komplikasi lainnya seperti depresi. Ketika seseorang mengadapi masalah pikun atau lupa akan hal, mereka kemungkinan terbesar akan berhadapan dengan depresi yang diakibatkan oleh masalah demensia.

HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN AGAR OTAK TETAP SEHAT

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang benar-benar dapat menyambuhkan penyakit demensia ini. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar otak tetap sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat menjaga otak tetap sehat dan fresh sehingga terhindar dari demensia:

Minuman beralkohol memiliki sisi racun, atau toksik terhadap otak. Kerusakan otak sangat beresiko ketika meminum alcohol. Ketika meminum alkohol, otak akan langsung bereaksi dengan cepat yang menimbulkan diri memunculkan hal-hal negative.

Salah satu cara untuk mengurangi masalah demensia adalah dengan rutin berolahraga. Beberapa penelitianpun menganjurkannya, dengan berolahraga secara rutin akan menyehatkan kesehatanan sel otak.

Olahragapun juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, karena salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan pada otak kita adalah berat badan yang terlalu berlebih.

Rokok tidak hanya meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker, rokok juga dapat menurunkan kemampuan otak secara kognitif dan itu sangat mempengaruhi kinerja otak. Dengan berhenti merokok adalah langkah awal yang baik untuk menjaga kesehatan otak.

Pola makan sehat dan teratur dan juga bergizi juga sangat membantu untuk menjaga sel otak agar tetap sehat dan terjaga. Mulailah dengan perbanyak makan buah dan sayuran serta mengkonsumsi sumber lemak sehat seperti lemak zaitun. Akan lebih baik jika mengkonsumsi ikan, karena berbagai penelitian membuktikan jika rutin mengkonsumsi ikan dapat mencegah penurunan ingatan ataupun memori.

Demensia atau penyakin lupa berkaitan dengan penyakit jantung, tekanan darah yang tinggi, dan penyakit gula (diabetes) lalu kolestrol. Mereka yang memiliki penyakit metabolic seperti ini, lebih besar resikonya mengalami pikun atau demensia.

Kegiatan maupun aktivitas yang melibatkan kemampuan berfikir ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak secara kognitif dan menurunkan resiko demensia. Kegiatan dan aktivitas seperti permainan kartu, puzzle, dan teka-teki silang adalah beberapa kegiatan yang dapat menjaga kemampuan kognitif pada otak.

Kebiasaan seperti yang dijelaskan itulah yang dapat membuat otak tetap sehat jika dilakukan secara rutin, dan bisa juga mencegah Anda dari macam-macam penyakit lainnya. Dengan begitulah, produktivitas Anda akan tetap terjaga secara sehat, bahkan hinggai usia tua.

 

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini