MANFAAT DAN MACAM MACAM TREADMILL

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Apakah Anda gemar berolahraga lari? Anda sebaiknya mencoba lari menggunakan treadmill sebagai alternatifnya. Treadmill merupakan peralatan olahraga yang banyak digunakan di sejumlah pusat kebugaran.

Treadmill dapat digunakan untuk berjalan cepat, jogging, dan berlari. Olahraga lari memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk dengan menggunakan treadmill.

Berlari menggunakan treadmill memiliki keunggulan dibandingkan di luar ruangan. Latihan dengan treadmill akan membuat Anda lebih fokus dan konsisten terhadap gerakan lari.

Selain itu, lari di luar ruangan tanpa treadmill akan mudah menghirup polusi udara dan terkena radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit, seperti kanker. Oleh karena itu, treadmill dapat mengurangi risiko terjadinya kanker akibat radikal bebas.

Menurut laporan Greatist, berlari menggunakan treadmill dapat menurunkan risiko buruk terhadap persendian. Latihan dengan cara ini juga baik untuk memulihkan diri dari cedera.

Lantas, apa saja manfaat treadmill? Namun sebelum mengetahui manfaatnya, Anda perlu memerhatikan tips latihan treadmill yang baik dan benar.

4 Tips Latihan Treadmill yang Baik

1. Variasikan Lari

Jika selama ini Anda hanya berlari dengan kecepatan rata-rata, sebaiknya Anda coba melakukan variasi lari. Misalnya dengan jenis lari interval, yakni kombinasi dari lari pelan hingga cepat. Kemudian, lakukan lari pemulihan.

2. Jangan Pegangan pada Handrail

Pernahkah Anda melihat orang lari menggunakan treadmill dan tangannya berpegangan pada handrail? Ya, masih ada orang yang kerap melakukan hal tersebut.

Mereka menganggap dengan memegang handrail saat berlari merupakan cara yang benar. Padahal itu keliru. Pegangan pada handrail hanya untuk membantu Anda masuk dan keluar dari treadmill dengan aman.

Saat latihan dengan treadmill, posisikan tubuh sesuai dengan pose berlari yang tepat dengan menahan lengan pada sudut 90 derajat.

3. Gunakan Fitness Tracker

Saat latihan dengan treadmill, sebaiknya Anda menggunakan fitness tracker yang ada di monitor treadmil. Fitur ini berguna untuk mengetahui perubahan detak jantung Anda. Jika detak jantung belum terpacu, Anda bisa bisa menambah intensitas atau kecepatan lari.

4. Lakunan Pemanasan dan Pendinginan

Melakukan pemanasan sebelum berlatih dan pendinginan selepas olahraga sangat disarankan. Dua cara ini bertujuan supaya tidak terjadi nyeri otot atau sendi selepas berolahraga.

Namun sayangnya masih ada orang yang enggan melakukan pemanasan dan pendinginan. Padahal cara ini sangat penting bagi kekuatan dan kesehatan otot, tulang dan sendi.

Treadmill Ampuh Turunkan Berat Badan

Treadmill kerap menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Lari dengan menggunakan treadmill akan membuat tubuh cepat berkeringat dan mendesak enzim-enzim pencernaan bekerja lebih aktif. Sehingga, lemak dalam tubuh akan mudah hancur.

Pada dasarnya, semua olahraga lari dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda kurang berlari, maka makanan yang dikonsumsi sehar-hari akan menjadi tumpukan lemak dan tubuh bertambah gemuk.

Jika tidak ingin seperti itu, Anda harus memaksa tubuh supaya jaringan lemak bisa dipecah menjadi energi dengan melakukan latihan treadmill.

Sama halnya seperti lari di luar ruangan, manfaat treadmill juga dapat menstabilkan peredaran darah, menguatkan jantung, mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh agar tetap prima, serta mampu mempertahankan kekuatan otot.

Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Secara Umum

  1. Cepat membakar lemak dan kalori
  2. Mencegah obesitas dan menurunkan berat badan
  3. Meningkatkan kecerdasan
  4. Melatih fokus dan meningkatkan kinerja otak
  5. Menjaga kesehatan jantung
  6. Mencegah risiko kanker
  7. Menurunkan risko stroke
  8. Mencegah Alzheimer
  9. Membuat awet muda
  10. Membentuk tubuh ideal
  11. Mempercantik dan menyehatkan kulit
  12. Meingkatkan kekuatan otot, tulang, dan sendi
  13. Mencegah osteoporosis
  14. Menghilangkan stres
  15. Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi

3 Merek Treadmill Terbaik dan Murah

1. Idachi – Motorized Treadmill

Merek treadmill terbaik dan murah yang pertama adalah Idachi Motorized Treadmill, dengan tipe ID 9938 DC.

Bagusnya, treadmill ini dilengkapi dengan layar LCD, beserta fitur-fitur lengkapnya. Mulai dari bisa menampilkan kecepatan lari, jarak, waktu tempuh, kalori, hingga denyut nadi.

Bahkan, kemiringan area lari juga bisa diatur dengan berbagai tombol yang tersedia, secara otomatis.

Selain itu, bodinya yang kuat juga sangat bisa diandalkan, karena mampu menahan berat pengguna hingga 140 kg.

Untuk dimensinya, alat treadmill ini memiliki panjang 150 cm da lebar 52 cm. Kecepatan maksimal yang bisa digunakan, adalah mencapai 20 km/jam.

Harga: Sekitar Rp11 juta-an

2. Total Fitness – Electric Treadmill

Mau alat treadmill elektrik yang murah di bawah Rp5 jutaan? Merek treadmill terbaik dan murah dari Total Fitness Electric Treadmill bisa jadi pilihan!

Pasalnya, dengan harga di bawah Rp5 juta, alat treadmill dengan tipe TL-607 ini juga dilengkapi dengan 12 program olahraga otomatis.

Kamu bisa mengatur rentangan kecepatan, mulai dari jalan santai, jogging, hingga berlari cepat.

Jadi, nggak ada alasan malas olahraga meski di rumah saja, selama PSBB dan tidak bisa ke tempat gym. Karena alat ini sangat multifungsi, hingga hemat listrik.

Harga: Sekitar Rp4,5 Juta-an

3. Total Fitness – Treadmill Manual

Mau yang benar-benar lari dengan tenaga sendiri? Merek treadmill terbaik dan murah meriah ini, mungkin bisa dijadikan pilihan.

Merek treadmill Total Fitness Treadmill Manual ini merupakan alat treadmill yang tidak menggunakan mesin untuk menggerakan alasnya.

Seperti namanya, merek treadmill ini memang sudah banyak dipercaya, sebagai merek alat fitness atau alat-alat olahraga lainnya. Termasuk alat treadmill dengan tipe TL-5008.

Meski manual, alat ini ternyata juga dilengkapi dengan sabuk getar, yang bisa membantu menghancurkan lemak, ketika kamu berolahraga.

Karena manual, kemiringan area larinya pun bisa diatur, sehingga kamu bisa menentukan kemampuan lari kamu sendiri.

Bahkan, selain untuk lari atau alat treadmill, alat ini juga bisa digunakan sebagai alat bantu olahraga lain, seperti sit up, push up dan twister.

Ukuran alat treadmill ini juga cukup ramping, yakni hanya sekitar 31cmx115cm. Jadi lebih mudah berolahraga di rumah, selama PSBB deh!

Harga: Sekitar Rp3,2 Juta-an

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini