Mengenal Bahan Latex: Karakteristik, dan Kelebihannya

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Nama latex pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Yah, latex sudah menjadi bahan yang banyak digunakan untuk beberapa barang sekarang ini, sebut saja peralatan olahraga, pakaian, sepatu sampai furniture rumah. Bahan latex sendiri memiliki dua kategori, yaitu latex alami dan sintetis. Latex alami bisa didapatkan langsung melalui tanaman atau pohon, sedangkan sintetis diproduksi secara artifisial melalui proses kimia. Secara lengkap Anda bisa mengetahui tentang bahan latex dari artikel ini.

1. Pengertian Latex

Lateks adalah zat alami yang dipanen dari tanaman yang biasanya bahan ini terdiri dari sekitar 55% air dan sekitar 40% bahan karet, tetapi juga dapat diproduksi secara artifisial melalui proses kimia. Lateks sering digunakan sebagai sinonim untuk karet, tetapi istilah ini sebenarnya mengacu pada suspensi partikel polimer kecil yang disimpan dalam media cair apa pun.

2. Kelebihan dan Kekurangan Bahan Latex

Hal yang paling unggul dari bahan ini adalah latex siap digunakan langsung dari wadahnya. Latex tidak mahal, menunjukkan ketahanan abrasi yang baik, dan merupakan karet cetakan yang elastis. Karena elastisitasnya yang tinggi, ciri khas latex adalah kemampuannya yang mampu dibuat berbagai model untuk semua industri. Latex juga memiliki kekurangan. Latex berbiaya rendah umumnya mudah menyusut. Proses pembuatan barang dengan karet latex lambat dan memakan waktu. Membuat barang dengan bahan latex menggunakan kuas membutuhkan waktu sepuluh hari atau lebih. Pembuatan latex umumnya tidak cocok untuk pengecoran resin.

Pilihlah latex untuk bahan yang kuat dan tahan lama

Yuk, gunakan produk olahraga yang berbahan latex.
TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini