Olahraga Saat Musim Hujan, Kenapa Tidak?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Lari pagi memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk membuat tubuh kamu lebih segar. Ketika musim hujan datang, kebanyakan orang malas untuk keluar rumah, apalagi berolahraga. Jangan kasih kendor! Simpan jauh-jauh selimut, kenakan baju yang nyaman, mulailah bergerak agar tubuh tetap bugar dan sehat.

“Malas olahraga, ah! Di luar, kan, sedang hujan,” demikian Anda berkata dalam hati. Padahal, olahraga, kan, masih tetap bisa dilakukan di dalam ruangan. Berikut ini adalah latihan fisik sederhana yang bisa Anda lakukan di dalam ruangan saat di luar sedang diguyur hujan.

1. Naik turun tangga

Olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan naik turun tangga. Pastikan otot paha diangkat cukup tinggi hingga lutut membentuk sudut 90 derajat setiap langkahnya. Meski sederhana, tapi naik turun tangga bisa efektif membakar lemak sekaligus mengencangkan otot di area paha, betis, dan perut.

Mau yang lebih menantang? Melangkahlah dengan melewati dua anak tangga sekaligus. Bila memulai langkah dengan kaki kanan, luruskan kaki sisi kiri di belakang sebelum kemudian mengangkatnya naik ke anak tangga yang lebih tinggi.

Penggunaan barbel atau beban serupa pada olahraga ini juga dapat membantu memaksimalkan pembakaran lemak, sekaligus bermanfaat untuk mengencangkan otot lengan. Agar lebih aman, cukup bawa satu beban saja dengan salah satu tangan secara bergantian agar tangan lain yang bebas bisa jadi penopang bila tubuh tiba-tiba kurang seimbang.

2.Push-up dan plank

Enggan bergerak karena tak mau bikin bising atau tak ada tangga di rumah? Anda bisa melakukan push-up dan plank.

Lakukan gerakan push-up klasik sebanyak 15 kali dengan 3 kali pengulangan. Berikan jeda antar pengulangan selama 10 detik untuk beristirahat. Gerakan push-up ini boleh dilakukan dengan tumpuan pada pangkal jari ataupun lutut, sesuai dengan kemampuan.

Pada akhir set ketiga, lakukan gerakan plank. Ambil posisi seolah-olah akan push-up, tapi dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu. Kaki harus sejajar dengan pinggul, sedangkan siku harus sejajar dengan kedua bahu. Katupkan kedua tangan Anda. Kontraksikan otot-otot perut Anda. Tubuh harus sejajar, lurus dari ujung kepala hingga kaki, dengan tumpuan pada siku (bukan pada telapak tangan). Tahan posisi ini setidaknya selama 60 detik.

Push-up dan plank dapat menguras energi, yang artinya efektif membakar kelebihan lemak di tubuh!

3. Treadmill Running

Lari atau jogging menjadi jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. Namun saat musim hujan tiba, kamu cenderung malas untuk melakukannya. Tetapi ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk olahraga lari, yaitu dengan menggunakan treadmill. Jika memiliki alat tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk berolahraga. Namun, jika tidak memilikinya kamu bisa mendatangi tempat gym berada di sekitar rumahmu. Perlu kamu ketahui, olahraga lari memiliki manfaat untuk membakar kalori sebanyak 215 kalori dalam  waktu 30 menit. Hal ini dikemukakan oleh Samir Purohit yang merupakan salah seorang ahli kebugaran.

4. Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang biasanya dilakukan di dalam ruangan. Olahraga yoga bermanfaat untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa sehingga bisa membuat kamu lebih rileks. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk membuat kamu lebih sadar dengan dirimu sendiri, memperbaiki postur tubuh, serta membuat tubuh menjadi lebih fleksibel melalui keselarasan dan pola gerakan yang dilakukan. Olahraga ini tidak mengenal musim, kamu masih bisa melakukannya di musim hujan ataupun panas.

5.Lompat Tali (Skipping)

Lompat tali atau skipping adalah jenis olahraga yang membutuhkan koordinasi dari setiap bagian tubuh, karena olahraga ini melibatkan hampir semua anggota tubuh, seperti lengan, bahu, punggung, paha depan, dan otot perut. Selain bisa dilakukan di luar, kamu juga bisa melakukan skipping di dalam ruangan asalkan tempat tersebut cukup luas dan jangan sampai merusak benda-benda di dalam rumah. Jadi, meskipun sedang musim hujan, kamu masih bisa melakukan olahraga ini.

 

6. Latihan Beban

Olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Kamu hanya perlu memiliki satu set dumbbell. Jika tidak memiliki alat tersebut, kamu bisa berkreasi dengan memanfaatkan barang-barang bekas di rumahmu, contohnya dengan mengisi air pada botol bekas. Melalui olahraga ini, kamu bisa membakar kalori sampai 200 kalori dalam satu jam.

7.Renang Indoor

Renang juga menjadi salah satu jenis olahraga yang digemari. Ketika musim hujan tiba, orang-orang terkadang malas untuk berenang. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengunjungi tempat renang indoor. Tempat renang tersebut cocok digunakan untuk musim hujan seperti saat ini.

 

8. Bela Diri Indoor

Bela diri adalah jenis olahraga yang bertujuan untuk melindungi diri kamu. Dengan olahraga ini, kamu bisa mengatasi kekhawatiran apabila ada orang yang menyerangmu secara tiba-tiba. Olahraga diri bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Oleh sebab itu, olahraga ini bisa kamu lakukan saat musim hujan tiba.

Serangkaian gerakan sederhana ini dapat menjadi teman setia untuk usir malas ketika musim hujan datang. Sekalipun dilakukan di dalam rumah, olahraga ini terbukti efektif membakar lemak dan menghasilkan banyak keringat!

Meski begitu, penting untuk diketahui bahwa ketika tubuh berkeringat, kuman rentan menyerang. Kebiasaan mandi yang tidak bersih ditambah dengan potensi sentuhan pada permukaan yang mengandung kuman akan meningkatkan potensi terjadinya infeksi kulit. Ini juga bisa terjadi pada area tubuh yang tertutup pakaian.

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini