logo toko alat fitness

Perlukah Konsumsi Suplemen bagi Anda yang Aktif Olahraga?

Bagi atlet, dan orang yang aktif berolahraga penting untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup. Kebutuhan vitamin dan mineral yang cukup akan meningkatkan fungsi tubuh yang membuat latihan semakin optimal dilakukan. Sumber nutrisi utama setiap orang haruslah makanan. Menggunakan suplemen untuk memenuhi nutrisi harian adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika Anda tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan Anda, atau ketika Anda tidak bisa mendapatkan nutrisi tertentu karena berbagai alasan yang dimiliki. Sebelum menjawab pertanyaan terkait perlukah mengkonsumsi suplemen, ada baiknya untuk membaca penjelasan artikel ini secara rinci terlebih dahulu.

1. Apa itu suplemen?

Suplemen adalah produk yang mengandung vitamin, mineral, bahan botani atau herbal, asam amino (bahan penyusun protein), dan enzim (protein kompleks yang mempercepat reaksi biokimia). Suplemen biasanya dijual dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, kapsul, bubuk, dan cairan. Suplemen makanan bukanlah obat dan tidak menyembuhkan penyakit, tetapi penggunaannya diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

2. Perlukah mengkonsumsi suplemen?

Mengambil terlalu banyak dari beberapa suplemen, seperti zat besi dapat menyebabkan efek samping yang merugikan. Selain itu, beberapa vitamin mungkin tidak efektif, kecuali nutrisi tubuh tidak tercukupi. Seorang dokter dapat menguji kekurangan vitamin dan memberi saran tentang cara memperbaikinya jika itu diperlukan. Pada dasarnya penggunaan suplemen itu tergantung dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsinya untuk menghindari efek samping yang buruk. Karena bagaimanapun nutrisi yang baik itu harus didapatkan dari makanan. Suplemen hanyalah pendukung dan tidak boleh digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Perlu atau tidaknya suplemen tergantung pada kondis tubuh

Yuk, biasakan konsultasi terlebih dahulu sebelum memulai sesuatu.
Artikel Terbaru
Produk Terbaru