Santap 8 Makanan Ini di Pagi Hari untuk Mempercepat Metabolismemu

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Setiap pagi, kita dianjurkan untuk memakan sarapan yang sehat. Sarapan lengkap bergizi seperti ini dapat memberikan energi, sehingga membuatmu kenyang lebih lama agar tidak makan berlebihan di sepanjang hari itu.

Berikut ini adalah tipe sarapan sehat dan bergizi yang sangat dianjurkan oleh para dokter. Cocok banget untuk meningkatkan metabolismemu di pagi hari.

 

1. Yogurt
Kandungan protein yang tinggi pada yogurt akan membantu meningkatnya metabolisme secara alami. Selain protein, yogurt juga kaya akan kalsium dan mengandung probiotik yang membantu menyehatkan usus, mengontrol nafsu makan, mengatur kadar gula darahdan sistem kekebalan tubuh. Tambahkan yogurt ke dalam smoothies atau salad.

 

2. Oatmeal

Oat mengandung glycemic index (GI) yang lebih rendah. Nilai GI menunjukkan betapa cepatnya tubuh mengubah kabohidrat menjadi glukosa, semakin rendah nilai GI, semakin baik makanan tersebut. Tidak hanya tinggi akan serat yang membuatmu merasa kenyang lebih lama, oat juga membantu untuk menurunkan kolesterol. Padukan oat dengan yogurt, kacang, smoothie dan bubuk protein.

 

3. Telur
Hidangan paling mudah dibuat dan murah yang meningkatkan metabolismemu. Dengan kandungan protein, omega 3, vitamin B dan amino esensial sangat baik bagi tubuh. Mengkonsumi telur di pagi hari menjaga kadar gula darah, insulin dan membuatmu kenyang lebih lama.

 

4. Kopi
Tidak hanya membantumu untuk lebih fokus dalam bekerja, namun kopi juga dapat membantu meningkatkan metabolisme pada tubuhmu karena kadungan kafein di dalamnya. Walaupun kopi tidak membantu untuk membakar kalori dalam jangka panjang namun mengkonsumsi kopi dipercaya untuk mengurangi nafsu makan.

 

5. Keju
Mereka yang sering mengkonsumsi keju memiliki kadar senyawa butyrate yang lebih tinggi yang meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Padukan keju dengan kacang-kacangan agar dapat membantumu untuk merasa lebih kenyang.

 

6. Buah Beri
Buah-buah beri seperti blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuhmu dan meningkatkan metabolisme. Rasa buah-buahan ini akan lebih lezat kalau dicampurkan dengan yogurt, seral, oat atau bahkan smoothie.

 

7. Brokoli
Menurut beberapa penelitian, ternyata brokoli dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan memperbaiki metabolisme yang kurang bagus. Bagi kamu yang kurang suka menyantap sayur-sayuran atau rasa brokoli itu sendiri; kamu bisa mencampurkan brokoli ke dalam oat, yogurt atau smoothie.

 

8. Pisang
Buah pisang mengandung pati resisten, karbohidrat sehat yang membantumu untuk merasa kenyang lebih lama. Pisang juga sumber potassium yang membantu untuk mengedarkan nutrisi ke setiap sel-sel pada tubuh.

Sehat-sehat ya! Mulai sekarang, ganti menu harianmu dengan sesuatu yang sehat seperti ini ya!

cr: IDN TIMES

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini