logo toko alat fitness

Solusi Untuk Anda Yang Tidak Suka Sayur

1. Masak pakai rempah-rempah
Kebanyakan orang dewasa tidak suka sayur karena rasanya hambar atau malah pahit. Lain kali, cobalah masak sayur dengan variasi bumbu dan rempah yang lebih beragam supaya lebih berselera makan.

Misalnya tumis sayuran dengan menambahkan ketumbar, lada, bawang putih, atau perasan jeruk nipis atau lemon untuk memperkuat rasa. Cara lainnya adalah dengan menambahkan sedikit potongan cabai atau beberapa tetes minyak zaitun untuk mengurangi rasa hambarnya.

 

2. Jadikan minuman
Cara lain untuk mengakali diri sendiri supaya suka makan sayur adalah dengan membuatnya jadi jus atau smoothies. Campurkan dengan buah-buahan kesukaan Anda untuk menetralisir rasa sayuran.

Namun ingat: memblender sayuran akan akan mengurangi kandungan seratnya. Meski Anda tetap bisa mendapatkan asupan vitamin dan mineralnya, jadikanlah jus sayuran hanya sebagai selingan di waktu makan. Usahakan tetap makan sayuran utuh untuk memenuhi kebutuhan serat Anda.

 

3. Olah sayuran jadi camilan
Agar Anda bisa suka makan sayur, coba olah sayuran menjadi camilan pengganjal lapar. Misalnya dengan menggoreng bayam jadi keripik atau menyelipkan sayur ke dalam camilan favorit Anda yang lain, seperti martabak sayur.

Tambahkan juga macam-macam potongan sayuran segar ke dalam mangkuk mi instan Anda sewaktu lagi ngidam makan mi. Mulai dari toge, sawi, kangkung, hingga pakcoy.

 

4. Pilih sayur yang warna-warni
Selain rasa, penampilan sajian makanan juga ikut memengaruhi nafsu makan kita. Maka, usahakan untuk memasukkan beragam sayur warna-warni demi memanjakan mata. Misalnya, warna putih dari toge, warna hijau dari daun singkong, dan warna oranye dari wortel.

Ketiga sayuran ini bisa diberikan bumbu kacang atau bumbu urap gurih untuk membuat rasanya juga semakin enak.

Pilih sayuran segar! Selain memiliki warna yang masih cerah, tekstur sayuran segar juga masih renyah.

 

5. Mulai dari sayuran yang Anda suka
Coba ikir-pikir kembali, mungkin ada satu-dua sayuran yang masih bisa Anda tolerir. Mungkin Anda tidak suka pare atau daun singkong, tapi suka bayam dan brokoli? Nah, mulailah dari sayuran yang Anda suka dulu agar Anda tidak langsung terbebani demi “harus bisa makan semua sayur!”

Sayuran favorit Anda bisa jadi jembatan untuk mengenalkan Anda pada variasi rasa yang lebih beragam. Misalnya jika Anda suka bayam hijau kemudian cobalah makan bayam merah. Atau Anda menyukai brokoli selanjutnya bisa mencoba kembang kol yang teksturnya mirip. Dengan begitu, semakin banyak jenis sayuran yang akan Anda makan.

Artikel Terbaru
Produk Terbaru