Tahukah kamu?? Ternyata treadmill dulunya untuk menyiksa tahanan lho!!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Siapa yang tidak mengenal alat fitness yang satu ini? Kita bisa lari tanpa harus keluar rumah dan menjaga kesehatan hanya dengan berlari di atas treadmill. Kenyataanya, sejarah justru menyatakan  treadmill dulunya digunakan untuk menyiksa para tahanan. Apakah benar begitu?

Melansir Business Insider UK, Rabu (25/10/2017), mesin ini pada awalnya dibuat oleh Sir William Cubitt pada tahun 1818 di Inggris. Mesin yang ia ciptakan sebenarnya disebut dengan treadwheel. Tujuan dibuatnya alat ini ialah untuk menghukum para tahanan sekaligus memperkerjakan mereka.

Mulai Digunakan di Penjara-penjara Lainnya

Di Inggris sendiri terdapat 44 mesin yang ditempatkan pada penjara. Amerika juga sempat melirik mesin ini dan membelinya untuk memperkerjakan tahanan mereka secara paksa.

Para tahanan bisa menghabiskan waktu untuk bekerja selama delapan jam lebih dalam sehari. Pemandangan para tahanan yang sedang bekerja di treadwheel bisa dilihat secara umum. Orang-orang bisa mencemooh sekaligus menyaksikan secara langsung saat para tahanan bekerja.

Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa mesin treadwheel merupakan hukuman yang kejam. Mereka diibaratkan seperti berjalan sepanjang 7,2 kilometer setiap harinya. Ditambah lagi para tahanan juga tidak mendapat makanan yang cukup, sehingga tidak memungkinkan untuk menghindari kecelakaan saat bekerja.

Sampai akhirnya treadwheel kemudian dihentikan pada abad ke-19. Namun, mesin treadwheel kemudian diubah dan dipatenkan pada tahun 1913 menjadi treadmill. Kemudan nama treadmill menjadi terkenal karena anjuran Dr. Kenneth Cooper di tahun 1960.

Titik balik untuk alat fitness treadmill terjadi pada tahun 1952, ketika Dokter Robert Bruce dan Dokter Wayne Quinton yang berasal dari Universitas Washington menciptakan treadmill standar pertama agar bisa mengecek kesehatan jantung dan paru-paru. Para pasien hanya perlu berjalan di atas lembaran  karet yang telah dibuat agar bisa bergerak. Nantinya penemuan ini dijual Quinton pada Stairmaster yang kemudian dibeli oleh Nautilus.

Ide menggunakan treadmill untuk menghasilkan uang dengan cepat menarik perhatian para pembisnis. Apalagi pada saat itu, orang-orang mulai mempromosikan manfaat dari olahraga aerobic dan lebih peduli dengan gaya hidup sehat. Pada tahun 1960an, treadmill sudah menjadi barang populer yang mudah ditemukan di setiap gym. Bahkan pada tahun 2000, NASA menempatkan treadmill di stasiun luar angkasa agar para astronot dapat tetap sehat walaupun di kondisi gravitasi nol.

Selama lebih dari 1 dekade terakhir ini, treadmill telah terbukti membantu menjaga gaya hidup. Untuk memastikan alat fitness ini tetap menjadi populer berbagai revolusi dilakukan. Contoh revolusi yang dilakukan adalah menambahkan teknologi iFit, kualitas lembaran karet, pengaturan kecepatan, kemampuan penyimpanan yang semakin mudah dan lainnya. Dan pastinya revolusi ini tidaklah berhenti. Selama kebutuhan pasar terus berubah, treadmill akan terus mengalami revolusi.

Ini hanyalah cerita singkat sejarah alat fitness treadmill dimana alat fitness ini sudah menjadi bagian dari hidup kita.

sumber : liputan 6
                 artikelinformasi.com
TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini