7 Fungsi dan Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Benarkah treadmill bisa bantu menurunkan berat badan dengan cepat? Kamu harus simak fungsi dan manfaat treadmill bagi kesehatan tubuh berikut ini!

Fungsi dan Manfaat Treadmill – Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dan hidup sehat tapi merasa malas buat keluar untuk melakukan jogging beberapa putaran di komplek tempat kamu tinggal, atau nggak doyan sama makanan diet yang dianjurkan majalah kesehatan.

Agar penggunaan lebih efektif, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu apa saja fungsi dan manfaat dari penggunaan treadmill. Yuk, simak selengkapnya!

Fungsi / Manfaat Treadmill

1. Membakar Kalori

Tentunya jika kamu menggunakan treadmill, kalori-kalori dalam tubuhmu akan terbakar. Apa lagi alat jogging statis memiliki mode incline yang akan membuat treadmill menjadi menanjak, bahkan kamu dapat mengatur ketinggiannya.

Dengan menggunakan mode ini, kalorimu akan lebih mudah terbakar, namun sebaiknya kamu jangan langsung berlari dalam incline mode. Luangkan waktu 15-30 menit dengan lintasan normal terlebih dulu.

2. Melatih Jantung

Saat kita menggunakan treadmill untuk berlari, jantung akan mulai bereaksi, mengalirkan darah menuju otot dan tulang. Selain itu jantung juga akan menyerap oksigen, sehingga terbentuk lah tenaga.

Namun, lama-kelamaan jantung akan melemah. Penggunaan treadmill yang rutin tentunya akan membantu kamu dalam melatih jantung dan pernapasan kamu, sehingga mempermudah kamu ketika melakukan aktifitas yang berat.

3. Monitor Kesehatan

Treadmill disebut sebagai monitor kesehatan dikarenakan alat ini memiliki fitur yang dapat memberikan info kepada penggunanya beberapa faktor penting mengenai tubuh yang perlu diketahui olehnya.

Misalnya kalori yang terbakar, dan detak jantung. Sehingga, pengguna dapat mengatur kecepatan atau fitur lainnya jika ingin meningkatkan pembakaran kalori.

4. Menurunkan Berat Badan

Jelas bahwa penggunaan treadmill akan menurunkan berat kamu. Gerak lari yang kamu lakukan akan membakar kalori di badanmu yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Terutama bagi orang-orang yang kesulitan mencari obat, susu, atau alat lainnya yang dapat membantu penurunan berat badan.

5. Memperlambat Penuaan

Kondisi penuaan ini akan cepat terjadi dan semakin buruk ketika seseorang menerapkan gaya hidup yang tidak sehat semasa muda. Semakin rajin berolahraga maka proses penuaan pada diri individu pastinya akan menurun. Maka penggunaan treadmill salah satunya bisa memperlambat penuaan, karena lebih efektif juga agar tidak perlu keluar ruangan dalam berolahraga.

Tubuh juga akan mengalami peningkatan pada segala macam daya yang akan memengaruhi kebugaran tubuhmu, sehingga penuaan dapat dicegah.

6. Mencegah Osteoporosis

Penggunaan treadmill juga dapat mencegah osteoporosis loh. Hal ini terjadi karena penggunaan treadmill dapat meningkatkan kepadatan tulangmu.

Dengan begini tubuh pun akan terlihat semakin ideal, tegap tidak bungkuk. Apa lagi jika kamu punya satu di rumah, kamu akan semakin rajin berolahraga.

7. Meningkatkan Kecerdasan

Menurut beberapa penelitian, dengan melakukan lari atau jogging di pagi hari, kecerdasan otak dapat meningkat. Sehingga, keberadaan treadmill menjadi dampak yang besar dalam meningkatkan kecerdasanmu.

Hal tersebut akan lebih tertunjang, dan justru kegiatan lari pagimu menjadi lebih mudah untuk dilaksanakan.

 

Reverensi :

https://www.tokopedia.com/blog/fungsi-manfaat-treadmill/

https://www.freepik.com/

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini