Untung Rugi Sepeda Betulan dibanding Sepeda Statis?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Bersepeda sangat menyenangkan, karena bisa melatih kekuatan otot kaki sekaligus kebugaran tubuh secara menyeluruh. Pilihannya juga banyak, mau pakai sepeda statis di dalam ruangan atau sepeda betulan di luar ruangan. Mana yang lebih baik?
Tingkat Kebugaran

Sepeda statis:
Sebuah studi menunjukkan bahwa sepeda statis mampu memaksimalkan denyut jantung hingga 75-95 persen, cukup bagus untuk meningkatkan kebugaran. Namun kerugiannya, variasi gerakan otot lebih sedikit karena berbagai kemudahan menjadikan otot hamstring sebagai satu-satunya otot yang bekerja paling keras.

Sepeda betulan:
Bagi atlet atau yang benar-benar hobi, bersepeda di luar ruangan bisa membuat denyut jantung mencapai 100 persen dari maksimal. Namun karena biasanya tidak didampingi instruktur, bersepeda yang hanya senang-senang biasanya tidak maksimal. Karena lebih banyak variasi gerakan, hampir semua otot kaki juga akan terlatih.

Tingkat Kesulitan

Sepeda statis:
Kesulitan utama saat mengendarai sepeda statis adalah mengatasi rasa bosan, mengingat gerakannya yang hanya itu-itu saja, tanpa tanjakan atau turunan apalagi pemandangan. Namun hal ini bisa diatasi dengan musik yang sesuai, atau partner latihan yang menyenangkan.??

Sepeda betulan:
Secara umum, sepeda betulan yang dikendarai di luar ruangan lebih mudah dan menyenangkan karena bisa memilih sendiri lintasan yang hendak dilalui. Jika menginginkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, dibutuhkan teknik tertentu dan tentunya lintasan yang lebih menantang.??

Tingkat kenyamanan

Sepeda statis:
Soal kenyamanan, sepeda statis jauh lebih unggul karena bisa dikendarai di dalam ruang ber-AC, sambil nonton TV atau mendengarkan musik. Satu-satunya yang bikin tidka nyaman bagi yang tidak punya alat sendiri adalah, harus datang dulu ke pusat kebugaran.??

Sepeda betulan:
Kalau mau sehat, bersepeda terutama di kota-kota besar agak merepotkan. Harus mengenakan pakaian yang sesuai bila tidak ingin terbakar terik matahari, memakai helm dan masker untuk menghindari benturan dan polusi serta harus berebut jalan dengan kendaraan bermotor.??

Kesimpulan:

Jadi balik lagi kepada kebutuhan individu. Jika tinggal di lingkungan yang lalu lintasnya padat dan banyak polusi, sepeda statis adalah pilihan terbaik. Namun kalau tinggal di lingkungan yang masih asri dan memang menguasai berbagai teknik olahraga bersepeda, maka sepeda betulan bisa memberikan efek yang lebih maksimal.

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini