Tahukah Anda? Makanan Untuk Pendetox Tubuh

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Detoks adalah proses menghilangkan bahan beracun dari tubuh. Banyak racun yang terbentuk dalam tubuh selama proses metabolisme. Gaya hidup dan polusi ikut berperan. Hal ini sebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Anda dapat membantu proses detoks tubuh untuk membuang racun, mengembalikan fungsi sehat metabolisme, dan membuat kulit juga rambut indah.

 

Image result for air putih

1. Perbanyak minum air putih

Supaya diet detoks 7 hari sukses, pastikan banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari. Bahkan, para pakar kesehatan menganjurkan untuk minum air setiap 90 menit sampai 2 jam.

Semakin banyak air yang diminum, maka tubuh akan semakin mudah membersihkan diri dari zat-zat racun yang membahayakan. Atau, kita juga bisa minum air lemon atau infused water untuk meningkatkan efek detoksifikasi di pagi hari.

Image result for teh hijau

2. Teh hijau

Banyak orang menganggap matcha dan teh hijau adalah dua jenis minuman yang sama. Walaupun keduanya berasal dari jenis tanaman yang sama, kedua minuman ini sebetulnya berbeda. Matcha mengandung konsentrasi zat antioksidan dan kafein yang lebih tinggi daripada teh hijau.

Meski begitu, teh hijau tidak kalah ampuh dalam mendetoks racun yang bersarang di dalam tubuh. Antioksidan dan kafein yang terkandung dalam teh hijau, membuat minuman ini memiliki efek diuretik, yang akan membantu mempercepat pembentukan urin guna membuang kotoran-kotoran di dalam tubuh.

Image result for buah bit

3. Buah bit

Buah bit termasuk dalam daftar makanan untuk detoks. Pasalnya, buah bit menghasilkan asam nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Itu sebabnya buah yang satu ini dipercaya mampu membersihkan darah dalam tubuh.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, buah bit menyuplai sejumlah vitamin E, karoten, asam fenolik, dan betalain, yakni sejenis antioksidan yang membantu memperbaiki sekaligus meregenerasi sel-sel di hati. Anda bisa mengolah buah bit menjadi camilan atau dijus untuk menambah tenaga di pagi hari.

Related image

4. Rumput laut

Rumput laut adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, rumput laut juga tinggi antioksidan dan menawarkan berbagai senyawa penting yakni polifenol dan fucoxanthin.

Rumput laut juga diyakini dapat membantu detoksifikasi di dalam darah dan ginjal karena memiliki sifat diuretik dengan membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine (air kencing).

Related image

5. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari menjadi sangat populer akhir-akhir ini, terutama di kalangan orang-orang yang telah memilih memanfaatkan makanan organik. Hal tersebut sangat wajar, sebab biji bunga matahari banyak mengandung serat dan asam folat yang dapat membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

Image result for jeruk

6. Jeruk

Mengonsumsi satu buah jeruk atau segelas jus jeruk segar setiap hari, terutama di pagi hari ternyata dapat bermanfaat bagi kondisi kesehatan manusia secara signifikan. Kandungan vitamin C hadir dalam jus jeruk tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit, membunuh kuman dan membuang racun di tubuh secara efektif.

TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini