Pengertian Gym yang Harus Diketahui

pengertian gym

Bagi Anda yang sering melakukan olahraga fitness, mungkin sudah tak usah dipertayakan lagi apa itu gym. Dilansir dari sebuah situs daring bahwa istilah tersebut memiliki makna yang sama dengan kata “gymnastic” yang diambil dari Bahasa Yunani, artinya suatu sarana yang baik untuk melakukan pendidikan fisik dan intelektual orang muda. Pada sarana inilah orang banyak melakuka aktivitas fisik denga cara melatih sportifitas dan disiplin dalam berolahraga.

Dari pejelasan di atas, definisi gym itu sediri merujuk pada istilah sebuah tempat di mana orang-orang dapat melakukan berbagai macam aktivitas fisik, terutama melakukan olahraga. Secara singkat, gym dapat diartikan sebagai sebuah ruangan untuk melakukan olahraga.

Apa itu Gym Menurut Para Ahli

apa itu gym

Gym juga memiliki definisi sebagai pusat kebugaran di mana banyak orang yang datang di sana untuk melatih kesegaran dan kebugara jasmani. Di sana, terdiri dari beberapa tempat yang menyimpan beragam alat-alat olahraga dan latihan fisik, khususnya alat fitness.

Selain itu, gym juga dikenal sebagai klab kebugaran atau klab olahraga fitness di mana orang-orang yang memiliki kegiatan olahraga yang sama berkumpul untuk melakukan latihan fisik tertentu. Untuk memahami lebih banyak mengenai pengertian gym, di bawah ini adalah beberpa pedapat dari para ahli:

  • Giriwijoyo: suatu ruangan dalam melakukan kegiatan dari yang tidak menggunakan alat sampai dengan menggunakan alat-alat mahal dan canggih, yang di ataranya untuk tujuan prestasi.
  • Hanafi: tempat olahraga dalam ruangan yang meawakan beragam program latihan kebugaran dengan fasilitas da peralatan yang mutakhir.

Keberadaan gym itu sendiri awalnya adalah tempat yang memberikan fasilitas untuk latihan fisik seperti angkat besi dan beladiri, bahka hanya dikhususkan pada prestasi binaragawan. Namu seiring perkembagan zaman, tempat ini juga dapat digunakan untuk orang yang ingin melakukan kegiatan fisik lainnya.

Gym merupakan tempat yang menawarkan berbagai macam pelayanan yang bervariasi khususnya dalam meyediakan berbagai saran untuk berolahraga. Bahkan, jika Anda masuk ke dalam klab kebugaran Anda akan medapatkan jasa instruktur atau personal trainer dalam mejalankan olahraga, khususnya olahraga fitness.

Kategori Tempat Kebugaran (Gym)

apa itu gym

Sebelumnya telah dijelaskan mengeai apa itu gym. Perlu Anda ketahui bahwa pusat kebugaran (fitness center) atau gym juga terbagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan dengan kelegkapan fasilitas fitness atau alat latihan olahraganya. Berikut ini adalah kategori atau jenis pusat kebugaran yang mesti Anda tahu sebelum berkunjung ke gym:

1. Fitness Center Kategori Satu (Pusat Kebugaran Golongan Satu)

Di gym atau pusat kebugaran golongan satu ini terdapat fasilitas berupa area fitness serta area senam. Pada umumnya pada tempat latihan yang satu ini alat-alat latihan yang tersedia kebanyakan adalah berbagai alat yang sederhana. Tempat yang satu ini juga  tidak terlalu mewah serta desain interiornya biasa saja atau bahkan tidak ada desain khusus sama sekali.

Selain itu, pada fitness center yang satu ini kebanyakan hanya menyediakan alat kardio seperti satu atau dua alat treadmill dan juga sepeda statis serta disediakan satu set peralatan weight training juga dumble.

2. Fitness Center Kategori Dua (Pusat Kebugaran Golongan Dua)

Untuk pusat kebugaran golongan dua, memang pada kenyataannya tidak beda jauh dengan pusat kebugaran golongan pertama. Bahkan dapat dikatakan sama saja. Akan tetapi, di gym yang satu ini terdapat tambahan peyediaan sauna serta ruang massage.

3. Fitness Center Kategori Tiga (Pusat Kebugaran Golongan Tiga)

Tempat fitness golongan tiga merupakan tempat yang menyediakan peralatan fitness yang paling lengkap. Alat fitness yang tersedia di sini cukup banyak. Maka, jika Anda datang mengunjungi fitness center golongan tiga, Anda dapat melakukan jenis latihan lebih banyak.

Selain melakukan olahraga di pusat kebugaran, Anda juga dapat melakukan kegitan tersbeut di rumah dengan menggunakan berbagai macam alat-alat fitness. Klik di sini untuk informasi mengenai toko alat fitness.

 

Sewa Alat Fitness