Berapa Banyak Repetisi dalam Set untuk Membangun Otot?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Membangun dan membentuk otot tubuh memerlukan waktu yang cukup panjang. Hal ini tentu saja membutuhkan tekad dan usaha yang kuat karena memang pada dasarnya membangun otot itu bukanlah hal yang mudah. Perencanaan yang matang sangat penting untuk memastikan konsistensi dan membantu menghindari overtraining. Memiliki perencanaan sama seperti Anda harus tahu persis apa yang akan dilakukan setiap kali Anda datang ke gym. Perencanaan latihan biasanya akan menentukan sejumlah set dan sejumlah repetisi tertentu. Namun sebelumnya, Anda juga harus tahu apa itu repetisi dan set? Dan, bagaimana Anda menentukan berapa banyak repetisi dalam set yang harus Anda lakukan?

1. Pengertian repetisi dan set

Repetisi adalah berapa kali Anda menyelesaikan satu latihan sebelum beristirahat. Repetisi membantu Anda melacak latihan kekuatan yang dilakukan. Ketika melakukan latihan kekuatan, seperti biceps curl dengan barbel, setiap kali Anda mengangkat beban dan menurunkannya kembali, maka itu dihitung satu repetisi. Menyelesaikan beberapa repetisi dari latihan tertentu dalam satu baris disebut satu set. Hal tersebut adalah strategi latihan umum untuk melakukan sejumlah set yang direncanakan dari setiap latihan dengan waktu yang disediakan untuk istirahat singkat di antara set ini.

2. Jumlah repetisi dalam set untuk latihan

Jumlah repetisi dan set tergantung pada tujuan latihan yang Anda lakukan. Ada tiga tujuan yang biasanya dilakukan saat latihan, yaitu menambah ukuran otot, meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan otot.

Lakukan repetisi sesuai dengan tujuan Anda

Jika Anda berniat menurunkan berat badan juga, repetisi berapa pun bisa dilakukan.
TOKOALATFITNESS.COM

Halo, selamat datang!

Jika kamu butuh bantuan, silakan kontak kami disini